People Number

Rabu, 28 Maret 2012

Definisi Manajeman

Prinsip dan nilai nilai Manajemen dilihat secara sederhana sebetulnya sama dengan kehidupan Manusia di dunia ini,karena pada dasarnya setiap hari manusia pasti merencanakan sesuatu mengenai apa yang akan dilakukannya pada hari itu dan berusaha membuat aktualisasi mengenai cara menjalankan kegiatan tersebut agar mencapai tujuan yang diinginkan.

    Jika melihat dari perkembangan zaman dan melalui sudut pandang yang berbeda maka secara spesifik Manajemen mempunyai beragam pengertian di dalamya bila dilihat dari literatur-literatur yang ada,yaitu :
1.Manajemen sebagai Proses
2.Manajemen sebagai suatu kolektivitas
3.Manajeman sebagai ilmu atau seni.

    Manajemen sebagai suatu proses,melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
    1. Encyclopedia of The Social Science,yaitu proses diman pelaksanaan suatu tujuan tertentu         dilaksanakan
    2. Haiman,manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang                             lain,mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
    3. G.R.Terry,cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu melalui kegiatan         orang lain.

    Manajemen suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama.Kolektivitas atau kumpulan orang inilah yang disebut dengan manajemen,sedangkan orang yang bertanggungjawab atas terlaksanamya suatu kegiatan untuk mencapai tujuan ialah manajer.
   
    Manjemen sebagai suatu ilmu dan seni,melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip dari manajemen.Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari :
      1.Chaster I Bernard dalam bukunya(The function of the Executive),manajemen yaitu seni dan ilmu,juga Henry Fayol,Alfin Brown Harold,Knoontz Cyril O'donnel dan G.R.Terry.
          2.Marry Parker Follet menyatakan bahwa manajemen sebagai seni dalam  menyelesaikan melalui          orang lain.
    Dari definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan,pengorganisasian,penetapan tenaga kerja,pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar