Dalam Manajemen suatu keputusan merupakan suatu hal
yang sangat penting mengingat salah satu tugas seorang manajer ialah mengambil
keputusan melalui input data yang sudah didapat dan dikelola dengan baik.Dengan
tujuan efisien,lancar dan efektif semata mata sebagai suatu kemudahan dalam
menjalani suatu masalah manajemen
Suatu keputusan pun mempunyai beberapa tipe
berdasarkan penjelasan Herbert A.Simon yang mengemukakan teknik tradisional dan
modern dalam pembuat keputusan yang terprogram maupun tidak
terprogram.Keputusan Terprogram ialah Keputusan yang rutin dan berulang-ulang
dan Organisasi mengembangkan proses khusus bagi penanganannya,sedangkan yang
Tidak Terprogram adalah keputusan yang sekali pakai,disusun tidak
sehat,kebijaksanaan dan ditangani dengan proses pemecahan masalah umum.
Proses Pengambilan Keputusan mempunyai suatu
langkah,yaitu :
1.
Pemahaman dan Perumusan Masalah
Seorang manajer harus
mengerti dan memahami bagian-bagian masalah yang harus dipecahkan agar
pengambilan keputusan lebih terkonsep.
2. Pengumpulan dan Analisa Data yang
Relevan
Setelah masalah ditemukan dan terkonsep
maka dibuatlah suatu rumusan melalui berbagai data dan analisa untuk
pengambilan keputusan yang tepat.
3. Pengembangan Alternatif
Pengembangan Alternatif memungkinkan
menolak kecenderungan membuat keputusan yang cepat agar tercapai keputusan yang
efektif.
4. Pengevaluasian terhadap alternatif
yang digunakan
Menilai efektivitas dari alternatif yang
digunakan yang diukur dengan cara menghubungkan tujuan dan sumber daya
organisasi dengan alternatif yang realistik serta menilai seberapa baik
alternatif itu memecahkan masalah.
5. Pemilihan Alternatif Terbaik
Berdasarkan informasi dan analisisis
maka tahap ini dijalankan oleh manjer sebagai decision making
6. Implementasi Keputusan
Penetapan anggaran,mengadakan dan
mengalokasikan sumber daya serta menugaskan wewenang dan tanggung jawab
pelaksanaan tugas dengan memperhatikan resiko dilakukan pada tahap ini.
7. Evaluasi atas Hasil Keputusan
Implementasi yang telah diambil hendaknya dievaluasi
dan selalu dimonitor agar kelancaran dan keefektifan suatu keputusan dapat
mudah diketahui
Dikutip dari : Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma (Pengantar Manjemen Umum);Muh.Abdul Mukhyi,Imam Hadi Saputro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar