People Number

Selasa, 09 Oktober 2012

Pengambilan Keputusan


Dalam Manajemen suatu keputusan merupakan suatu hal yang sangat penting mengingat salah satu tugas seorang manajer ialah mengambil keputusan melalui input data yang sudah didapat dan dikelola dengan baik.Dengan tujuan efisien,lancar dan efektif semata mata sebagai suatu kemudahan dalam menjalani suatu masalah manajemen
Suatu keputusan pun mempunyai beberapa tipe berdasarkan penjelasan Herbert A.Simon yang mengemukakan teknik tradisional dan modern dalam pembuat keputusan yang terprogram maupun tidak terprogram.Keputusan Terprogram ialah Keputusan yang rutin dan berulang-ulang dan Organisasi mengembangkan proses khusus bagi penanganannya,sedangkan yang Tidak Terprogram adalah keputusan yang sekali pakai,disusun tidak sehat,kebijaksanaan dan ditangani dengan proses pemecahan masalah umum.
Proses Pengambilan Keputusan mempunyai suatu langkah,yaitu :
1.   
   Pemahaman dan Perumusan Masalah
Seorang manajer harus mengerti dan memahami bagian-bagian masalah yang harus dipecahkan agar pengambilan keputusan lebih terkonsep.

2.      Pengumpulan dan Analisa Data yang Relevan
Setelah masalah ditemukan dan terkonsep maka dibuatlah suatu rumusan melalui berbagai data dan analisa untuk pengambilan keputusan yang tepat.

3.      Pengembangan Alternatif
Pengembangan Alternatif memungkinkan menolak kecenderungan membuat keputusan yang cepat agar tercapai keputusan yang efektif.

4.      Pengevaluasian terhadap alternatif yang digunakan
Menilai efektivitas dari alternatif yang digunakan yang diukur dengan cara menghubungkan tujuan dan sumber daya organisasi dengan alternatif yang realistik serta menilai seberapa baik alternatif itu memecahkan masalah.

5.      Pemilihan Alternatif  Terbaik
Berdasarkan informasi dan analisisis maka tahap ini dijalankan oleh manjer sebagai decision making

6.      Implementasi Keputusan
Penetapan anggaran,mengadakan dan mengalokasikan sumber daya serta menugaskan wewenang dan tanggung jawab pelaksanaan tugas dengan memperhatikan resiko dilakukan pada tahap ini.

7.      Evaluasi atas Hasil Keputusan
Implementasi yang telah diambil hendaknya dievaluasi dan selalu dimonitor agar kelancaran dan keefektifan suatu keputusan dapat mudah diketahui

Dikutip dari : Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma (Pengantar Manjemen Umum);Muh.Abdul Mukhyi,Imam Hadi Saputro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar