People Number

Sabtu, 13 Oktober 2012

Proses Keputusan dalam Bentuk Organisasi

Mengacu pada judul yang saya buat kali ini saya akan mencoba menulis beberapa pendapat saya tentunya melalui referensi yang saya dapat mengenai pengaruhnya suatu bentuk organisasi dalm menghasilkan suatu keputusan.
Menurut James D. Mooney "Organisasi yaitu bentuk stiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama," sedangkan Chester I Barnard memberikan pengertian organisasi yaitu sistem aktivitas kerjsama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.Jika kiat ambil intinya adalah suatu proses interaksi beberapa individu untuk mencapai tujuan bersama.
Dalam suatu Organisasi pengambilan keputusan dan bentuk organisasi mempunyai pengaruh yang cukup besar,berikut penjelasan kelemahan dan kelebihannya :
1.Organisasi Garis
    Merupakan Bentuk organisasi yang sederhana dengan cirijumlah karyawan yang sedikit dan saling    mengenal satu sama lain serta spesialisasi kerja belum tinggi,sehingga dapat memudahkan top manager mengkomunikasikan keputusannya terhadap bawahan yang ada dibawahnya secar efektif.Namun kelemahan dari bentuk ini ialah adanya ketergantungan pada satu orang dalam membaut keputusan dan mempunyai kecenderungan pemimpin otoriter.

2.Organisasi Garis dan Staff
   Daerah kerja bentuk ini lebih luas dari sebelumnya dan mempunyai bidang yang rumit dalam setiap bidang karyawannya yang banyak.Staff di bentuk ini mempunyai tugas memberi nasihat kepada pejabat dalam organisasi sehingga dapat mempunyai second opinion dan koordinasi mengenai pembagian tugas terperinci,tetapi mempunyai kelemahan yang melemahkan kesatuan komando berkat adanya peran staff dalam organisasi ini.

3.Organisasi Fungsional
   Organisasi yang disusun atas dasar fungsi yang harus dilaksanakan.Organisasi ini dipakai perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan sehingga koordinasi berjalan lancar dan spesialisasi karyawan lebih efektif namun dari segi efisien dan efektivitas pengambilan keputusan organisasi mempunyai dampak pengalihan kerja menjadi sulit dilaksanakan karen karyawan terlalu mementingkan bidang sendiri tanpa memberi masukan ke bidang lain jika ada ide.

4.Organisasi Panitia
   Organisasi ini dibentuk berdasarkan adanya proyek seelah tugas selesai maka berakhirlah organisasi ini ehingga pengambilan keputusan otoriter bisa dihindari namun proses pengambilan keputusan memerlukan diskusi yang berlarut namun dituntut deadline yang kadang menjadi hal yang tidak efisien.

Referensi : Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma -Pengantar Manajemen Umum-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar