Segmentasi Pasar adalah suatu metode yang berkaitan
dengan cara pemasaran suatu produk melalui pengelompokkan pasar(pelanggan) dari
pasar heterogen menuju homogen sehingga target pemasaran bisa lebih efektif dan
disesuaikan. Segmen pasar harus selalu
berbeda satu sama lain namun orang-orang dalam setiap segmen harus sama dengan
cara yang relevan.
Dalam penentuan kelompok pasar
yang akan dijadikan target pemasaran tentunya mempunyai faktor-faktor sebagai
berikut :
1. Mudah Diakses
Dapatkah Anda mencapai segmen melalui biaya komunikasi yang efektif dan
praktis termasuk alur distribusi?
2. Terukur
Dapatkah Anda memperkirakan ukuran segmen sehingga Anda dapat
mengalokasikan sesuai anggaran pemasaran?
3. Substansial
Apakah segmentasinya besar dan cukup tahan lama untuk membenarkan kegiatan
pemasaran sendiri?
4. Layak
Dapatkah orang-orang dalam segmen membeli produk Anda dan mereka melihat
keuntungan yang jelas dan diinginkan dibandingkan dengan produk lainnya atau
jasa?
Segmen yang mewakili proporsi kecil dari pasar secara keseluruhan dikenal
sebagai ceruk pasar (niche market). Niche pemasaran ini umumnya paling efektif
ketika harga produk sangat tinggi atau ketika pasar sangat besar. Di niche
market dengan pasar yang sangat besar ini, segmen yang mewakili hanya 2% dari
total pasar mungkin cukup besar untuk mempertahankan bisnis.
Ada empat dasar
umum untuk segmentasi pasar Anda:
1. Geografis: oleh negara, atau wilayah.
2. Demografi: pada usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan sebagainya.
3. Psikografis : dengan gaya hidup, nilai, kepentingan, dan sebagainya.
4. Perilaku: Apa yang Anda menggunakan produk untuk, loyalitas merek, manfaat yang Anda
cari dari produk, dan sebagainya.
Melihat kembali contoh sampo X, kita dapat melihat bahwa pemasar yang
menempatkan tiga iklan sebagian segmentasi berdasarkan demografi gender (ada
satu ditujukan untuk pria dan dua pada perempuan), dan sebagian berdasarkan
psikografis kepentingan (pribadi kecantikan sebagai lawan kebersihan keluarga
dan kesehatan).
Produsen juga melakukan dua segmentasi sekaligus karena produsen hampir
pasti ingin membuat iklan yang berbeda untuk negara-negara Asia dan Eropa, yang
menampilkan orang-orang Asia dan Eropa asli, tapi juga ingin iklan terpisah
untuk sub-segmen laki-laki dan perempuan dari target pasar dalam setiap segmen
geografis.
Dikutip dari Sumber : http://www.makeallhappen.com/marketing/segmentasi-pasar-memahami-kebutuhan-pelanggan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar