People Number

Minggu, 30 Juni 2013

Kriteria Pemilihan Software Perbankan

Saya Mencoba Menulis mengenai apa yang saya sedang pelajari menegenai Komputerisasi Lembaga Keuangan Perbankan Mengenai Sistem Aplikasi Perbankan,dimana Aplikasi ini menyangkut pelayanan perbankan untuk melayani nasabah/masyarakat,juga sebagai suatu fungsi utama bank yang tugasnya melayani nasabahnya.

Sistem Aplikasi Perbankan adalah penggunaan komputer dan alat-alat pendukungnya dalam operasional perbankan yang meliputi pencatatan, penghitungan, peringkasan, penggolongan, dan pelaporan semua kegiatan di bidang perbankan yang kegiatan tersebut antara lain meliputi administrasi, akuntansi, manajemen, pemasaran, atau bidang lain yang mendukung kegiatan perbankan.

Aplikasi yang dapat mendukung kegiatan yang dimaksud didasarkan atas pertimbangan sebagai berikut:
  1. Kemampuan Dokumentasi atau Penyimpanan Data
                 Jenis dan Klasifikasi data Bank yang relatif banyak harus bisa ditampung oleh software yang digunakan,termasuk pertimbangan dari segi keamanan data.Kemampuan dokumentasi ini sebanding dengan kapasitas kerja dan besarnya kapasitas memori dalam menampung database nasabah atau hal lain menyankgut kepentingan bank.

     2. Keluwesan
               
               Operasional Bank selalu berkembang dengan kebutuhan yang berubah-ubah walaupun informasi dan data tetap sama.Setiap bank mempunyai sistem dan prosedur yang berbeda meskipun data yang diolahnya sama,Software komputer yang fleksibilitas tinggi dapat digunakan oleh dua buah bank yang kapasitasnya sama tetapi sistem dan produsernya berbeda.

    3. Sitem Keamanan

             Hal ini merupakan faktor terpenting mengingat fungsi bank sebagai lembaga keuangan kepercayaan masyarakat.Software yang dimiliki harus bisa mencegah pengaksesan data nasabah dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

   4. Kemudahan Pengoperasian
  
            Biasa disebut User Friendly,hal ini dimaksudkan untuk pengoperasian sistem yang memudahkan operator atau petugas yang berwenang mengoperasikan database yang dimiliki oleh bank tersebut.

   5. Sistem Pelaporan

          Data atau Informasi yang dibutuhkan harus bisa disajikan dalam bentuk yang jelas dan mudah dimengerti,Bank Memerlukan laporan yang lengkap dan jelas taerutama dalam proses audit atau penyajian laporan yang bisa dimengerti.

  6. Pemeliharaan
  
       Software perbankan harus mudah dipelihara misalnya penggantian suku cadang hardware,perbaikan kinerja proses pengolahan data, serta kemudahan mendeteksi dan memperbaiki kesalahan program.

Demikian beberapa uraian singkat yang saya pelajari,semoga bermanfaat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar