People Number

Kamis, 27 Juni 2013

Metode Ilmiah

Judul diatas mungkin sangat familiar di kalangan akademik/mahasiswa seperti saya,mengingat saya pun sedang mengalami fase pengerjaan penulisan ilmiah pada masa perkuliahan saya saat ini.Bagi sebagian besar mahasiswa ini merupakan momok yang menakutkan apabila mendengar atau ada yang mengungkit masalah mengenai judul di atas.Namun segala sesuatu harus dihadapi,fase ini pun akhirnya harus kita lewati sebagai seorang mahasiswa untuk menunjukkan tanggung jawab kita sebagai anggota akademisi yang mempunyai fungsi mengembangkan ilmu dan teknologi kepada masyarakat untuk pemanfaatan yang baik.

Metode Ilmiah atau biasa disebut juga Metode Penelitian menurut saya sendiri adalah suatu cara untuk menjabarkan atau menggambarkan suatu penjelasan kemudian membuktikan hipotesis (dugaan sementara) yang diperkuat dengan landasan teori dan kajian langsung secara ilmiah dan sistematis,sedangkan menurut Sugiyono (2012) Metode Penelitian sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

Dalam membuat Metode Ilmiah ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh peneliti sebagai yang mempunyai tanggung jawab terhadap hasil penulisannya,diantaranya:
  1. Tahap Pendahuluan,pada tahap ini peneliti harus melihat dan mengkaji bidang yang akan dipilih,menentukan masalah dan hal apa yang perlu diteliti sehingga mempunyai gambaran mengenai hal-hal yang harus dilakukan selanjutnya.
  2. Tahap Perancangan,selanjutnya disusun lah analisis dan teori yang akan dipakai sebagai bahan hipotesis yang dapat menjadi alasan yang kuat berdasarkan teori dan data yang diperoleh untuk mengolahnya menjadi sebuah kesimpulan dan riset yang baru dan berguna.
  3. Tahap Pengujian,tahap ini memungkinkan peneliti untuk menguji komponen yang telah didapat melalui analisis yang mempunyai hubungan yang sesuai untuk pengembangan materinya.
  4. Laporan,hasil akhir dari tahap-tahap tersebut kemudian dirangkum menjadi suatu bentuk penulisan sesuai dengan bidang dan kepeerluan yang dimaksud.
Metode Ilmiah/Penelitian ini juga mempunyai manfaat sebagai bentuk informasi pengetahuan taerhadap masyarakat tentang lingkungan sekitar yang bersifat ilmiah,bagi akademisi sendiri,selain sebagai bentuk tanggung jawab atas perkuliahan yang dilalui juga berfungsi sebagai alat pengembangan penelitian agar ditemukan penelitian yang berguna dan lebih uptodate.

Referensi : http://repository.upi.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar