People Number

Jumat, 18 Januari 2013

Pengaruh Individu

Dari judul diatas mungkin sesederhana yang kita baca,sedikit pengertian mengenai judul diatas namun apabila kita googling banyak definisi yang beragam,contohnya :
Individu berasal dari kata latin, “individuum” yang artinya yang tak terbagi. Kata individu merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas.

Menurut pendapat Dr. A. Lysen kata individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi melainkan sebagai suatu kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan.Jadi, indivudu merupakan manusia perseorangan atau suatu makhluk yang sebagai kesatuan terbatas.

Biasanya kita sering mendengar kata ‘individu yang satu dengan yang lainnya berbeda’ itu dimaksudkan bahwa tiap manusia memiliki kesatuan dan keterbatasan yang berbeda pula satu sama lain. Batasan inilah yang membedakan tiap individu.

Manusia Sebagai Makhluk Individu

Sebagai makhluk individu yang menjadi satuan terkecil dalam suatu organisasi atau kelompok, manusia harus memiliki kesadaran diri yang dimulai dari kesadaran pribadi di antara segala kesadaran terhadap segala sesuatu. Kesadaran diri tersebut meliputi kesadaran diri di antara realita, self-respect, self-narcisme, egoisme, martabat kepribadian, perbedaan dan persamaan dengan pribadi lain, khususnya kesadaran akan potensi-potensi pribadi yang menjadi dasar bagi self-realisation.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Di dalam kehidupannya, manusia tidak hidup dalam kesendirian. Manusia memiliki keinginan untuk bersosialisasi dengan sesamanya. Ini merupakan salah satu kodrat manusia adalah selalu ingin berhubungan dengan manusia lain. Hal ini menunjukkan kondisi yang interdependensi. Di dalam kehidupan manusia selanjutnya, ia selalu hidup sebagai warga suatu kesatuan hidup, warga masyarakat, dan warga negara. Hidup dalam hubungan antaraksi dan interdependensi itu mengandung konsekuensi-konsekuensi sosial baik dalam arti positif maupun negatif.
Berdasarkan beberapa penjelasan tersebut ternyata sebagai individu pun manusia masih membutuhkan interaksi satu sama lain,walau sebenarnya esensi dari perjalanan hidup adalah kita sendiri yang menjalaninya.

Apabila kita kaitkan dengan perilaku konsumen,pengaruh individu merupakan satuan terkecil sebagai pelaku ekonomi,baik sebagai prosusen maupun konsumen,sebagai produsen bisa kita kaitkan dengan kualitas SDM yang harus mempunyai jiwa kompetitif,pantang menyerah dan memiliki jiwa entepreneur sejati agar dapat menginspirasi seseorang yang menjadi bawahannya.
Pengaruh Individu sebagai konsumen juga memiliki berbagai tipe yang sesuai dengan sifat masing-masing pembeli.Hal ini harus dimanfaatkan seorang produsen sebagai suatu peluang agar dapat memperlakukan konsumen dengan baik,sehinga tidak kehilangan pangsa pasar.

Referensi : http://panksgrunge.blogspot.com/2010/03/arti-individu.html
                 http://guruit07.blogspot.com/2009/01/pengembangan-manusia-sebagai-makhluk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar