People Number

Jumat, 18 Januari 2013

Pengaruh Situasi dan Interaksi

Berdasarkan postingan saya sebelumnya mengenai pengaruh individu,pengaruh situasi pun memiliki suatu relasi terhadap sikap sebuah individu dalam mengambil keputusan.Definisi Situasi secara harfiah adalah kedudukan (letak suatu, tempat),keadaan sedangkan menurut saya ari situasi itu adalah sebuah kejadian yang mempunyai ruang dan waktu didalamnya sehingga kita dapat mengalami dan melakukan sesuatu di dalamnya,tentunya dengan hal yang bermanfaat.

Situasi juga terjadi dengan adanya interaksi antar sesama manusia. Pengertian interaksi sosial menunjuk pada hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok, maupun antara orang perorangan dengan kelompok. Apabila dua orang bertemu, interaksi sosial dimulai pada saat itu. Mereka saling menegur, berjabat tangan, saling berbicara atau bahkan mungkin berkelahi.
Interaksi sosial tidak selalu ditandai dengan mengadakan kontak muka atau berbicara, tetapi interaksi sosial bisa terjadi manakala masing-masing sadar akan adanya pihak lain yang menyebabkan perubahan-perubahan dalam perasaan orang-orang yang bersangkutan, yang disebabkan misalnya karena bau minyak wangi. Hal itu bisa menimbulkan kesan di dalam fikiran seseorang, yang kemudian menentukan tindakan apa yang akan dilakukannya.
nterkasi yang terjadi antar kelompok-kelompok manusia, misalnya pada tawuran antar pelajar satu sekolah dengan sekolah lain, peperangan antar etnis, pertikaian kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lain, pertemuan para senat mahasiswa perguruan tinggi se Indonesia, pertemuan perguruan tinggi dengan pemerintah daerah setempat dll.
Interaksi yang terjadi antar orang perorangan dengan kelompok, misalnya interaksi dosen dengan mahasiswanya di dalam kelas, interaksi seorang pembicara dalam seminar dengan peserta seminar dll.

Dalam kegiatan ekonomi situasi dan interaksi merupakn suatu pengantar dalam memenuhi kebutuhan bagi konsumen maupun produsen,jadi hal ini tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan ekonomi karena menyangkut masalah sosial,tentunya manusia membutuhkan manusia lain untuk memenuhi kebutuhannya meskipun mereka terlahir sebagia individu.

Referensi : http://pengantar-sosiologi.blogspot.com
                 http://www.artikata.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar