People Number

Selasa, 15 Januari 2013

Sumber Daya Konsumen dan Pengetahuan

Sumber Daya dalam Ekonomi adalah sesuatu baik itu benda mati atau hidup yang mempunyai nilai/potensi secara ekonomis yang bermanfaat dalam kehidupan dan keseimbangan hidup manusia untuk memenuhi kebutuhan ekonomisnya.
Sumber Daya Konsumen sendiri menurut saya adalah sebuah potensi yang harus dimanfaatkan oleh kalangan produsen untuk memenuhi kebutuhan ekonomisnya,bisa dikatakan sumber daya konsumen adalah yang menentukkan daur hidup suatu produk yang akan menentukkan sebuah perusahaan.
Seperti dikutip dalam sebuah tulisan bahwa Sumber daya ekonomi pada dasarnya diartikan sebagai sesuatu sumber daya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dapat memberikan manfaat serta dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat ketergantungan terhadap sumberdaya secara struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain. Misalnya, penggunaan energi sinar matahari, panas bumi, atau gelombang laut termasuk angin, akan dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui. sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui (non-renewable or exhaustible resources). Jenis sumberdaya ini pada dasarnya meliputi sumberdaya alam yang mensuplai energi seperti minyak, gas alam, uranium, batubara serta mineral yang non energi seperti misalnya : tembaga, nikel,aluminium,dll. Sumberdaya alam jenis ini adalah sumberdaya alam dalam jumlah yang tetap berupa deposit mineral (mineral deposits) diberbagai tempat dimuka bumi. Sumberdaya alam jenis ini bisa habis baik karena sifatnya yang tidak bisa diganti oleh proses alam maupun karena proses penggantian alamiahnya berjalan lebih lamban dari jumlah pemanfaatannya. sumberdaya alam yang potensial untuk diperbarui (potentially renewable resources).

Sedangkan Pengetahuan dalam konteks ini yaitu tantang wawasan yang dipunya oleh seorang konsumen tentang suatu barang yang akan/tidak ia konsumsi.Karena serang konsumen tentunya tak ingin mengecewakan dirinya sendiri dan tidak ingin merasa dirugikan oleh produsen yang telah menawarkan suatu barang.Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi kedua pelaku ekonomi tersebut.

Untuk Produsen sendiri,dewasa ini mungkin kita sering banyak mengenal dunia maya (internet) dan secara langsung kita berinteraksi dengan dunia yang satu ini lebih banyak ketimbang dunia nyata yang kita jalani.Ketika orang berada di dunia maya mereka secara tidak langsung berada disebuah "negara" dengan kebebasan berpendapat yang sangat luas dan seluas-luasnya lah mereka dapat mengakses data sesuka mereka.Promosi pun pastinya gencar dilakukan di sini.Sangat baik apabila para produsen mempromosikan barang dagangannya disini tentunya dengan informasi yang real disertai dengan bukti yang jelas,karena tak jarang jika para konsumen pasti akan "googling" terlebih dahulu untuk mencari informasi yang ia dapat di internet selanjutnya mereka akan membandingkan harga,kualitas dan kuantitas yang akan mereka peroleh terhadap suatu barang dengan barang yang lainnya.Fasilitas forum di dunia maya juga dapat menjadi acuan bagi para calon konsumen yang ingin membeli suatu barang,dan di forum inilah format suatu "negara" dengan kebebasan itu berlaku.Bukan tak mungkin produk yang memiliki harga,kualitas dan kuantitas yang buruk akan di katakan jelek oleh fasilitas ini begitu pula sebaliknya.Ada kalanya para produsen dan distributor berhati-hati dalam penyampaian iklan sebuah produk dalam dunia maya.Jangan sampai produk anda di cap buruk oleh suatu "negara" ini. 

Referensi : http://murtihasanah.wordpress.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar